Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemkot Bagi -bagi Bendera Merah Putih

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024) di Halaman Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan.

Kegiatan ini dihadiri seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di lingkungan Pemkot Balikpapan.

Bertugas sebagai inspektur upacara, Sekretaris Daerah (Sekda) Muhaimin, membacakan sambutan Wali Kota, diantaranya mengenai tema Hari Lahir Pancasila 2024 yakni "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Ia mengatakan, tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika," tuturnya.

Ia pun mengajak komponen masyarakat untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Ia pun menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," pungkasnya.

Usai pelaksanaan upacara, dilaksanakan pembagian 1.000 Bendera Merah Putih di depan Kantor Dishub di Jalan Ruhui Rahayu, Sepinggan. Bendera dibagikan pada para pengendara maupun masyarakat yang melintas. Pembagian bendera ini juga diikuti Forkopimda Kota Balikpapan. Pembagian bendera ini juga disambut dengan antusiasme para pengendara.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Balikpapan, Sutadi mengatakan, pembagian bendera ini merujuk arahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yakni gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

Semarak pembagian bendera ini, menurutnya, sebagai bentuk cinta terhadap tanah air, serta menjunjung tinggi rasa nasionalisme dalam diri. "Kita membagikan 1.000 bendera. Mulai dari bendera yang besar, hingga variasi bendera untuk dipajang pada kendaraan motor dan mobil," beber Sutadi.

Ia menambahkan, nantinya gerakan pembagian bendera ini akan berlangsung hingga 16 Agustus 2024, dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, serta instansi forum terkait. (diskominfo/cha/arh)