Balikpapan Jadi Tuan Rumah Jambore Pemuda Daerah Kaltim

BALIKPAPAN - Kota Balikpapan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kalimantan Timur (Kaltim). Berlangsung mulai tanggal 30 Mei - 3 Juni 2024, kegiatan tersebut melibatkan para pemuda daerah dari 9 Kabupaten Kota di Provinsi Kaltim. Pembukaan diawali dengan penampilan parade defile dari seluruh peserta JPD Kaltim yang menampilkan ciri khas daerah masing-masing.

Mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim, M Agus Hari Kesuma, membuka kegiatan di Pantai Segarasari Manggar pada hari Jumat, (31/05/2024).

Ia memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia mengungkapkan, kreativitas adalah kunci dalam mencapai kemandirian. "Mari kita dorong pemuda untuk berpikir out-of-the-box, mendorong ide-ide inovatif, dan berani mengambil risiko dalam menjalankan usaha," jelasnya membacakan sambutan.

Dengan kreativitas, lanjut dia, dapat menghasilkan produk dan layanan yang bernilai tambah tinggi, dan pada gilirannya, meningkatkan perekonomian daerah. "Melalui Jambore ini, saya berharap peserta dapat saling berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang nantinya akan menjadi modal penting dalam memajukan daerah kita tercinta," ujarnya.

Sementara itu, mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kota (Setdakot) Balikpapan, Muhammad Andi Yusri mengucapkan selamat datang kepada para peserta.

Melalui Jambore ini, diharapkan pemuda di Kaltim dapat menjadi agen perubahan dan pembangunan bangsa. Menjadi pemuda yang memiliki karakter kuat, menurut dia, mestinya berwawasan luas dan berjiwa nasionalis. "Pemuda yang mampu menjadi motor penggerak kemajuan daerah dan bangsa," jelasnya.

Ia berpesan kepada peserta JPD Kaltim agar menggunakan kesempatan ini untuk belajar, berlatih dan menjalin pertemanan dengan pemuda dari berbagai daerah di Kaltim. "Saya yakin dan percaya pemuda Kaltim, memiliki potensi yang luar biasa. Dengan semangat juang dan tekad yang kuat, pemuda Kaltim mampu meraih cita-cita dan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik," ucapnya. (diskominfo/cha/arh/mgm)