Rakernas APEKSI XVII Resmi Dibuka, Bahas Kemajuan Kota dan Dukung IKN

BALIKPAPAN – Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVII tahun 2024 telah resmi dibuka di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) pada Selasa 4 Juni 2024.

Rakernas dibuka dengan menumbuk lesung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), didamping Ketua Dewan Pengurus APEKSI Eri Cahyadi, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Eri Cahyadi mengatakan bahwa dalam kegiatan Rakernas APEKSI ke XVII Presiden hadir dan memberikan arahan langsung.

“Kami melihat setiap kota memiliki kelebihan masing-masing, setiap kota memiliki aplikasi untuk semua kepentingan masyarakat di kotanya masing-masing sehingga APEKSI bersepakat semua kota akan kami jadikan satu di bawah naungan APEKSI,” ucapnya dalam sambutan pembukaan Rakernas APEKSI XVII.

Melalui ini akan dilihat oleh perwakilan dari kota yang ada di Indonesia ini untuk disempurnakan menjadi satu dengan kekuatan besar.

“Kami bersepakat bahwa jangan sampai ada kota yang maju sendiri dan ada kota yang tertinggal, maka kami dengan Bersatu dalam APEKSI ini bagaimana kita besinergi dengan kebijakan Presiden maupun dengan kebijakan Pemerintah Pusat, sehingga kita bisa memberikan yang terbaik bagi warga kota di masing-masing wilayah,” urainya.

Selain itu, bagaimana juga kita mendukung pembangunan Ibu Kota di IKN. “Karena kita sadar betul bahwa peradaban baru akan muncul di mana kerajaan pertama di Kutai Kartanegara ada di Kalimantan Timur karena IKN ini bagaimana kita membangun kota tangguh, bagaimana kita membangun kota hijau, bagaimana kita membangun kota smart,” tambahnya.

Pada momentum tersebut, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengucapkan selamat datang di Kota kepada delegasi dan seluruh peserta rakernas APEKSI XVII tahun 2024.

“Semoga melalui forum yang mengangkat tema "Kota Sejahtera, Indonesia Maju" ini dapat menghasilkan gagasan konstruktif demi kemajuan pembangunan seluruh kota di seluruh tanah air,” ungkapnya dalam sambutan pembukaan Rakernas APEKSI XVII.

Ia pun mengharapkan dalam forum ini dapat membahas mengenai kekompakan seluruh kota untuk dapat mendukung dan menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Untuk kesepahaman kita bersama bahwa adanya IKN, tidak hanya akan berdampak positif bagi daerah-daerah yang ada di sekitarnya, tetapi juga dimaksudkan untuk mendorong pembangunan nasional yang lebih merata,” tandasnya.

Menurutnya, hal ini sudah menjadi isu yang cukup lama, di mana sebagian saudara kita di beberapa kota, khususnya yang terletak agak jauh dari sentra pembangunan, perlu untuk mendapatkan perhatian juga agar kita bisa bersama-sama tumbuh menjadi kota yang sejahtera.

“Ini merupakan era kolaborasi, di mana sudah seharusnya keberadaan kota-kota bisa saling menguatkan, ditambah lagi dengan adanya cita-cita untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, artinya kurang lebih 20 tahun saja lagi waktu yang tersisa sebelum kita menjawab apakah kita mampu mewujudkan cita-cita tersebut,” tutur Wali Kota Balikpapan.

Dengan dinamika yang terjadi secara lokal maupun global, serta isu lingkungan hidup yang kian mengemuka. “Saya mengajak semua untuk mendayagunakan APEKSI sebagai alat perjuangan, melalui kolaborasi pemikiran, melibatkan peran serta generasi muda, menumbuhkan kesejahteraan kota menjadi gerbang lokomotif pembangunan dan peradaban bangsa,” ajaknya.

Sebagai informasi, Rakernas APEKSI XVII tahun 2024 berlangsung mulai 1-6 Juni 2024. Berbagai rangkaian kegiatan telang berlangsung mulai dari Youth City Changer, dan Karnaval Budaya serta para peserta akan mengunjungi Ibu Kota Nusantara. (tim liputan humas/diskominfo/cha/arh)