Dipandu Chef Firhan, Istri Wali Kota Se-Indonesia Masak Bareng

BALIKPAPAN - Dalam rangkaian Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) ke XVII Tahun 2024, para istri wali kota mengikuti kegiatan Cooking Class dan Jet Ski Sport.

Kegiatan cooking class dibuka secara langsung oleh istri Ketua APEKSI, Rini Indriyani Eri Cahyadi, di Restoran Kampoeng Pasir Kemala Beach, pada hari Selasa (04/06/2024).

Seluruh istri wali kota secara bersama-sama belajar memasak makanan Gohyong dan minuman Creamy Loaded Manggo, dipandu oleh Chef Firhan.

Istri Ketua APEKSI, Rini Indriyani Eri Cahyadi, yang juga adalah istri Wali Kota Surabaya tersebut mengatakan, melalui kegiatan ini ibu-ibu bisa lebih mengenal satu sama lain, sehingga bisa saling sharing ilmu dan pengalaman, yang mana setiap daerah mempunyai cerita yang berbeda. "Forum ini bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk bisa menjalin tali silaturahmi. Apalagi kita jarang bertemu," ucapnya.

Sementara itu, Istri Wali Kota Balikpapan, Nurlena Mas'ud mengajak ibu-ibu untuk mengolah bahan pangan dari ikan, yang mana Kota Balikpapan dikenal dengan berbagai olahan makanan laut atau seafood.

"Ikan memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Sangat baik untuk membangun perkembangan anak, sehingga dapat mencegah stunting," terangnya.

Nurlena juga mengajak istri wali kota untuk berolahraga jet ski, setelah melaksanakan cooking class. "Kita bisa menikmati indahnya lautan Balikpapan, sambil berfoto," ungkapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Balikpapan, Heria Prisni mengatakan Cooking Class ini mengangkat tema peran Istri Wali Kota bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga masing-masing.

"Bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga, salah satunya dengan meningkatkan SDM mereka untuk bisa memasak. Paling tidak untuk keluarganya," terangnya.

Pelaksanaan kegiatan cooking class dibagi menjadi 10 kelompok, yang mana setiap kelompoknya tidak berdasarkan provinsi. Hal ini dimaksud untuk bisa saling mengenal satu sama lain.

Hasil masakan dan minuman yang sudah dibuat oleh masing-masing kelompok akan dinilai oleh tim juri dan dipilih tiga kelompok yang terbaik. Bertindak sebagai juri, Chef Firhan, istri Ketua APEKSI dan istri Wali Kota Balikpapan, Nurlena Mas'ud.

Masing-masing kelompok, saat memasak dan mengolah minuman didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Balikpapan, diantaranya Asisten Bidang Administrasi Umum; Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Balikpapan; Kepala Dinas Pekerjaan Umum; Kepala Disnaker; Kepala Disdukcapil; Kepala Bappeda Litbang; Kepala DKK serta Kepala DP3. (tim liputan humas/diskominfo/cha/arh/mgm)