Ratusan Delegasi APEKSI XVII Kunjungi Destinasi Kuliner Pringgodani

BALIKPAPAN - Usai mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVII dan Indonesia City Expo, ratusan delegasi berkunjung ke destinasi wisata kuliner Pringgodani, Teritip, Kota Balikpapan pada Selasa 4 Juni 2024.

Pringgodani merupakan salah satu wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan dan minuman tradisional dari beberapa daerah. Seperti nasi pecel, nasi kuning, nasi jagung, tiwul dan lainnya.

Kedatangan para delegasi APEKSI ini disambut hangat dengan pengalungan cinderamata oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, Ratih Kusuma beserta para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pringgodani.

Para delegasi dipimpin Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Eri Cahyadi, yang juga Wali Kota Surabaya dan Wali Kota Balikpapan. Rahmad Mas'ud selaku tuan rumah penyelenggara Rakernas APEKSI.

Para wali kota yang juga didampingi isteri langsung mendatangi stand kuliner para usaha mikro kecil dan menengah. Di tengah-tengah kunjungan delegasi juga berbagi informasi mengenai wisata kuliner.

Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengungkapkan bahwa untuk berkunjung ke Pringgodani ini delegasi mengisi registrasi melalui link yang disebar.

"Sehingga ketika datang sudah tingga mengetahui. Misal hari ini berapa peserta yang datang. Yang terdata sudah ratusan ya karena sejak kemarin sudah ada yang ke sini (Pringgodani)," ungkapnya.

Ratih menyebut alasan para peserta diajak datang ke destinasi ini karena ini bagian dari wisata kuliner yang baru ada di Kota Balikpapan. Dan waktu yang tepat untuk mempromosikannya.

"Ternyata para pengunjung yang datang sangat luar biasa. Dan harapannya ke depan bisa jadi desa wisata," sebutnya. Diharapkan selanjutnya destinasi wisata kuliner Pringgondani ini bisa dikenal sebagai salah satu objek wisata Kota Balikpapan. (tim liputan humas/diskominfo/cha/mgm)