Ratusan Peserta Rakernas APEKSI 2024 Hijaukan Balikpapan dengan Menanam Pohon

BALIKPAPAN - Ratusan peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2024 melakukan aksi penanaman pohon di area depan Gedung Kesenian Kota Balikpapan, pada Rabu pagi 5 Juni 2024.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari rangkaian acara Rakernas APEKSI yang diselenggarakan di Balikpapan pada tanggal 1-6 Juni 2024.

Sebelum melakukan penanaman pohon, para peserta Rakernas terlebih dahulu mengikuti senam sehat dan sarapan bersama.

Penanaman pohon ini dibagi menjadi beberapa zona dengan berbagai jenis tanaman, termasuk tumbuhan syzygium malaccense atau pohon jambu bol.

Peserta merupakan wali kota dari seluruh Indonesia juga sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Terlihat Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Eri Cahyadi melakukan penanaman pohon. Para isteri wali kota juga mendampingi.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud selaku tuan rumah Rakernas APEKSI, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk menjaga dan melestarikan alam sekitar.

"Pelestarian lingkungan ini menunjukkan komitmen kita untuk menjaga lingkungan dan hutan kita agar tetap asri dan lestari," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa area Gedung Kesenian Balikpapan dipilih sebagai lokasi penanaman pohon karena dicanangkan akan menjadi taman terbuka hijau untuk masyarakat Balikpapan.

"Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi momen bagi kita untuk melestarikan alam. Di mana, semua kepala daerah berkumpul dan mensosialisasikannya," imbuh Rahmad Mas'ud. (tim liputan humas/diskominfo/cha/mgm)