ICE Ditutup Rangkaian Kegiatan Rakernas APEKSI Resmi Berakhir

BALIKPAPAN - Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI XVII di Balikpapan resmi ditutup, Kamis (6/6/2024) di halaman BSCC Dome Balikpapan. Dengan ditutupnya gelaran Festival Seni Budaya dan Indonesia City Expo (ICE), maka berakhir pula seluruh rangkaian acara Rakernas APEKSI XVII.

Pada kesempatan tersebut juga diumumkan para pemenang untuk tiga perlombaan. Yakni Stan Terbaik ICE, Festival Seni Budaya dan Karnaval Budaya. Hadir mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, Asisten Administrasi Umum, Andi Sri Juliarti.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh Dewan Pengurus APEKSI dan para wali kota beserta delegasi yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) XVII yang digelar selama lima hari 1-6 Juni 2024 di Balikpapan.

"Para peserta Rakernas telah bertukar pandangan dan gagasan untuk mencari solusi atas permasalahan perkotaan. Selain itu juga melakukan kunjungan langsung melihat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Diharapkan, apa yang telah dikerjakan dalam Rakernas ini tidak sia-sia," ungkapnya.

Ia berharap kedepannya APEKSI bisa terus dijaga sebagai forum kolaborasi. Agar menjadi forum untuk bersama-sama maju menjadi lebih sejahtera, sebagai pilar pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Menurutnya, kehadiran para peserta Rakernas yang telah memberikan dampak positif bagi roda perekonomian daerah Balikpapan, termasuk pada kegiatan Indonesia City Expo, bagi para pelaku UMKM. Kendati memang mungkin ada kekurangan dalam penyelenggaraan ICE maupun keseluruhan rangkaian APEKSI XVII.

"Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, mudah-mudahan tidak sampai menyurutkan niat bapak/ibu sekalian untuk berkunjung kembali ke Balikpapan di lain kesempatan," ujarnya.

Sementara, Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam mengatakan, untuk menjadi tuan rumah APEKSI sangatlah tidak mudah. Namun Balikpapan sudah betul-betul berhasil menunjukkan hal yang luar biasa karena tidak main-main sudah menjadi tuan rumah. "Alhamdulillah ada 16 kegiatan selama 5 hari diselenggarakan. Ada dari anak muda, wali kota, istri wali kota hingga berbagai unsur," sebutnya.

Alwis pun mengucapkan terima kasih untuk masyarakat kota Balikpapan dan permohonan maaf jika ada kemacetan sebagai dampak kegiatan ini. “Tetapi dampak positif yang dirasakan besar perputaran ekonominya juga besar dari UMKM hingga hotel dan lainnya,” tuturnya. (diskominfo/cha/mgm)

Dalam penutupan juga diumumkan hasil Penilaian Stan Terbaik, Festival Seni Budaya dan Karnaval Budaya.

Penilaian Stan Terbaik adalah
Juara Favorit: Pontianak
Harapan 3: PBS Sawit
Harapan 2: Batu
Harapan 1: Palembang
Juara 3: Surabaya
Juara 2: Balikpapan
Juara 1: OIKN

Penilaian Festival Seni Budaya
Juara Favorit: Malang
Harapan 3: Makasar
Harapan 2: Bandung
Harapan 1: Palangkaraya
Juara 3: Pontianak
Juara 2: Serang
Juara 1: Balikpapan

Dan Penilaian Karnaval Budaya
Harapan 3: Malang
Harapan 2: Bontang
Harapan 1: Jogjakarta
Juara 3: Bandung
Juara 2: Denpasar
Juara 1: Semarang