Pemkot Balikpapan Dukung Pemprov Kaltim Gelar Sejumlah Pelatihan untuk Pemuda


BALIKPAPAN - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) memfasilitasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim dalam sejumlah kegiatan kepemudaan yang digelar 11-14 Juni 2024 di Kota Balikpapan. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh anak-anak muda Kota Beriman.

Kegiatan tersebut meliputi Pelatihan Kepemimpinan Pemuda tahun 2024, Fasilitasi Organsiasi Kepemudaan, Pelatihan Kecakapan Hidup, serta seleksi Pemuda Pelopor Kaltim 2024.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma, sementara mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, hadir Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Adamin Siregar didampingi Kepala Disporapar Kota Balikpapan, CI Ratih Kusuma.

Dalam sambutannya, Agus Hari Kesuma menyampaikan ucapan terima kasih atas keterlibatan Pemerintah Kota Balikpapan dalam pelaksanaan kegiatan. "Harapannya dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pemuda Kalimantan Timur," ungkapnya.

Sementara Adamin Siregar, membacakan sambutan wali kota mengungkapkan, pemuda adalah masa yang penuh dengan semangat, sehingga memiliki ide kreatif dan potensi yang luar biasa. "Pemuda adalah agen perubahan, tumpuan harapan bangsa. Maka nasib negara ini ada di tangan pemuda," tutur Adamin.

Maka, lanjutnya, penting melakukan pengembangan dan pembinaan para pemuda, agar bisa jadi pemimpin yang tangguh, berkarakter dan berwawasan luas, yaitu pemimpin yang mampu membawa bangsa ini pada kemajuan dan kejayaan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur maupun Kota Balikpapan dalam membangun generasi muda yang berkualitas. Dengan ini mereka akan mendapatkan beragam perbekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Langkah selanjutnya bisa menjadi pemimpin yang handal dan mampu menjawab tantangan zaman," harapnya.

Sementara itu, CI Ratih Kusuma menjelaskan, Dispora Kaltim melaksanakan tiga jenis pelatihan, yaitu kecakapan hidup, kepemimpinan dan organisasi pemuda, yang dilakukan pembukaan di satu waktu dan tempat, dengan tempat pelaksanaan di enam Kecamatan.

Untuk pelatihan kecakapan hidup meliputi pelatihan event organizer, pelatihan konten kreator, pelatihan barista, pelatihan cinderamata, pelatihan tata rias dan pelatihan pastry.

"Kegiatan tingkat provinsi ini mengajak para pemuda Balikpapan. Jadi dari kami yang menyiapkan peserta maupun tempatnya, anggaran dari provinsi," beber Ratih.

Dispora Kaltim telah memiliki sasaran pelatihan yaitu pemuda se-Kaltim. Ini kemudian dibagi di seluruh kabupaten/kota, dan kini adalah giliran Kota Balikpapan. Sebelumnya di kota Balikpapan juga sempat dilaksanakan pelatihan bordir dan mencukur rambut.

"Dan ini adalah jenis kecakapan hidup lainnya. Karena ada banyak ya, dan pelatihan semacam ini sangat membantu. Kita bagi pelaksanaannya di kecamatan. Dari kecamatan juga membantu untuk cari peserta," terang Ratih.

Tiap kecamatan ada 45 pemuda yang mengikuti pelatihan yang berbeda-beda. Sehingga total hampir 300 Orang peserta yang ikut pelatihan. "Para peserta akan dibekali pelajaran teori dahulu sampai akhirnya praktik," tandasnya. (diskominfo/cha/arh/mgm)