HUT Bhayangkara, Pemkot dan Polresta Balikpapan Terus Sinergi Jaga Kondusivitas

BALIKPAPAN - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 dilaksanakan di Halaman Balaikota Balikpapan, Senin (01/07/2024). Mengusung tema 'Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas', bertugas sebagai Inspektur Upacara, Kapolresta Balikpapan, Kombespol Anton Firmanto.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud hadir bersama para unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Ia menyampaikan terima kasih dan selamat kepada para Bhayangkara Kota Balikpapan dalam menjaga kondusivitas kota.

"Semoga sukses selalu terutama dalam menjalankan tugas negara, pengamanan. Alhamdulillah Polda Kalimantan Timur, khususnya Polresta Balikpapan bersama Pemerintah Kota Balikpapan terus bersinergi bersama masyarakat juga menjaga kondusivitas kota," ungkapnya.

Menurutnya, peran para Bhayangkara ditengah pemindahan Ibu Kota Nusantara dan pembangunan kota Balikpapan yang terus berbenah dirasa penting, sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan bagi warga maupun investor dan pendatang yang berada di kota Balikpapan.

"Ke depan saya berharap Bhayangkara bisa terus menjadi penegak hukum dan aturan dengan baik, sehingga warga juga disiplin. Kami pun demikian. Sebagai pengontrol, kami melaksanakan tugas kami. Maka amanah yang diberikan masyarakat kepada kami semua bisa berjalan dengan sebaik-baiknya," urainya.

Wali kota juga mendukung gagasan Polresta Balikpapan yang menggelar lomba pos keamanan keliling (pos kamling), apalagi dengan kondisi banyak orang keluar dan masuk Kota Balikpapan seperti saat ini, seiring dengan pemilihan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Nusantara.

"Dari situ bisa dilakukan pendataan warga. Karena dengan amannya suatu daerah, kita juga perlu waspada terhadap hal yang tidak diinginkan, seperti tindak kriminal juga terorisme," tuturnya.

Sementara itu, diwawancarai usai kegiatan, Anton Firmanto mengatakan, apa yang telah dilaksanakan selama ini adalah implementasi dari tema HUT Bhayangkara, menjadi momentum bagi kepolisian untuk selalu berdampingan dengan masyarakat dan semua lapisan, dengan tujuan untuk menuju Indonesia emas.

Anton menegaskan untuk mengimplementasikan hal itu, Polresta Balikpapan menerapkan konsep polisi yang selalu ada untuk masyarakat. Selain itu, pada kegiatan ini, Polresta Balikpapan juga melibatkan UMKM untuk turut meramaikan kegiatan HUT Bhayangkara ke-78 di Kota Balikpapan. (diskominfo/cha/arh/mgm)