Pemkot Balikpapan Siap Dukung Pelaksanaan Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI di IKN

BALIKPAPAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Muhaimin, mengikuti Rapat Persiapan Rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rapat dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Prof Dr Akmal Malik, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto dan Kasdam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana.

Pj Gubernur Kaltim, Prof Dr Akmal Malik mengatakan Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota, Kapolda Kaltim, Pangdam VI/Mulawarman serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ingin memberikan yang terbaik saat pelaksanaan kegiatan, karena keberadaan IKN di Kaltim adalah berkah bagi semua masyarakat Kaltim.

"Kita berharap stigma bahwa IKN siap harus kita hadirkan kepada dunia dan Indonesia," ucapnya usai rapat persiapan, di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan, pada hari Kamis, 4 Juli 2024.

Rapat awal ini untuk menindaklanjuti arahan dari Pemerintah Pusat. Banyak hal-hal yang di bahas dalam pertemuan ini. Ke depan, akan ada rapat selanjutnya, yang membahas persiapan lebih detail.

Meskipun, pelaksanaan kegiatan dari Pemerintah Pusat tetapi Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota mendukung penuh, untuk mensukseskan pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI yang pertama di Benua Etam. "Kita ingin melakukan persiapan sesempurna mungkin," terangnya.

Dia pun meminta kepada pemerintah kabupaten kota untuk memasang umbul-umbul, sebagai bentuk dukungan terhadap kesiapan IKN.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin, S.T.,M.T., menyampaikan bahwa kegiatan HUT Kemerdekaan RI, bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi, Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara tetapi menjadi tanggungjawab seluruh pemerintah daerah di Kaltim.

"Kita akan mengikuti arahan dari Bapak Gubernur Kaltim, dalam rangka mendukung kegiatan upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI. Ini menjadi kebanggaan, kita menjadi bagian dari sejarah," terangnya.

Berdasarkan arahan Gubernur Kaltim terkait pemasangan umbul-umbul, Sekda mengatakan akan menunggu arahan lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi, karena nantinya akan ada ukuran dan design umbul-umbul yang akan disampaikan kepada pemerintah kabupaten kota. "Balikpapan dapat jatah berapa, ditempatkan di mana. Kita tunggu saja, tapi intinya kita mendukung kegiatan ini," ujarnya.

Dalam rapat, Sekda Balikpapan didampingi Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Balikpapan; Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Perhubungan. Turut hadir, Sekda Provinsi Kaltim; Kepala OPD Provinsi Kaltim maupun Kabupaten PPU dan Paser. (humas)