Milad DMI, Wali Kota Tekankan Peran Masjid untuk Persatukan Umat dan Bangun Peradaban Akhlak

BALIKPAPAN – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud menekankan pentingnya peranan masjid yang sangat strategis. Bukan hanya sebagai tempat beribadah namun juga sebagai tempat mempersatukan umat dan membangun peradaban akhlak generasi penerus.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud saat menghadiri Milad ke-52 Dewan Masjid Indonesia (DMI), di Masjid Madinatul Iman Islamic Center Balikpapan, pada hari Sabtu (6/7/2024).

Milad DMI tahun 2024 ini mengangkat tema "Peran Masjid Mempersatukan dan Memakmurkan Umat". Pada kesempatan ini, Ketua Pengurus Pusat DMI, K.H Abdul Manan Ghani hadir memberikan tausiah kepada ratusan jamaah.

"Masjid dapat menciptakan dan membentuk karakter anak-anak, agar selalu dekat dengan Allah SWT. Dengan begitu anak-anak bukan hanya tumbuh pintar secara intelektual saja, namun juga spiritual. Dengan ini juga kita bisa memakmurkan masjid-masjid," ungkapnya.

Dengan pertambahan usia DMI ini, ia berharap makin menguatkan peran organisasi tersebut dalam memakmurkan masjid, terkhusus di Kota Balikpapan. Kegiatan ini juga dihadiri para pengurus Masjid di kota Balikpapan. Dia berharap mereka dapat terus kompak dan bersatu.

Secara simbolis wali kota menyerahkan tanaman buah yang merupakan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup kepada Ketua Pimpinan Cabang DMI se-Kota Balikpapan. Ia juga memberikan hadiah umroh kepada dua jamaah yang hadir. Hadiah ini diberikan secara pribadi pada Milad ke-52 DMI tersebut.

Sementara, Ketua Pimpinan Daerah DMI Kota Balikpapan, M. Dumairi mengimbau kepada seluruh pengurus masjid dan mushola untuk mengayomi anak-anak, merangkul para remaja untuk mencintai masjid dan mushola. Dirinya juga berharap DMI Kota Balikpapan terus menjunjung tinggi kekompakan dan menghindari perselisihan paham satu sama lain.

“Saya berpesan kepada para pengurus masjid, mushola di Kota Balikpapan, untuk menjaga kebersamaan, kekompakan dalam mewujudkan masjid ramah anak serta mewujudkan remaja cinta masjid. Mari bersama-sama menjaga kesatuan dan kekompakan kita,” ajaknya. (diskominfo/cha/arh/mgm)