Wali Kota Buka Job Market Fair Tahun 2024 Sebagai Bentuk Komitmen Pemerintah

BALIKPAPAN- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Balikpapan menyelenggarakan Job Market Fair Tahun 2024, pada tanggal 10-11 Juli 2024, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome.

Job Market Fair dibuka secara langsung oleh Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud, S.E.,M.E., ditandai dengan penekanan tombol sirine. Didampingi, Kepala Disnaker Balikpapan, Ani Mufaidah; Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Balikpapan, Tirta Dewi; Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Ratih Kusuma; Direktur Utama Perusda Manuntung Sukses Balikpapan, Andi Sangkuru serta perwakilan perusahaan.

Wali Kota mengatakan Job Market Fair Tahun 2024 bisa memberikan manfaat dan membuka peluang bagi anak-anak Kota Balikpapan, untuk mendapatkan pekerjaan.

"Ini menjadi komitmen kita untuk mengentaskan kemiskinan dan juga membuka lapangan kerja seluas-luasnya, melalui job market fair," jelasnya saat memberikan sambutan pada pembukaan Job Market Fair Tahun 2024, pada hari Rabu, 10 Juli 2024.

Dia berpesan kepada para pencari kerja untuk berani menghadapi tantangan dan menjaga kepercayaan saat bekerja. "Ini menjadi modal kita. Dua modal ini kalau kalian tidak amalkan, di manapun ada mencari pekerjaan tidak akan sukses. Kalau sukses tidak akan maksimal," ucapnya.

Wali Kota mengapresiasi kepada 100 perusahaan yang terlibat dalam job market fair tahun 2024, karena telah mempunyai tujuan yang sangat mulia dan kepedulian terhadap anak-anak Balikpapan. "Terima kasih kepada perusahaan yang peduli kepada anak-anak kita," ujarnya.

Dia pun mengingatkan untuk tidak memilih pekerjaan yang diberikan, tetapi harus membuktikan dengan kemampuan yang dimiliki. "Usaha itu tidak akan membohongi hasil. Allah SWT tidak akan tidur melihat apa yang menjadi jerih payah," ujarnya.

Kepala Disnaker Balikpapan, Ani Mufaidah menjelaskan job market fair tahun 2024 menyediakan 1.781 posisi dalam 52 jabatan, yang meliputi lulusan D3 sebanyak 247 posisi, S1 sebanyak 340 posisi, SMA/SMK berjumlah 1.158 posisi dan lulusan SMP sejumlah 36 posisi. "Posisi ini ada untuk disabilitas," ungkapnya.

Pencari kerja yang terdaftar dalam link pada hari ini sudah mencapai 1.600 lebih peserta dan diperkirakan besok pencari kerja bisa mencapai 2 ribu lebih peserta. "Mudah-mudahan job market fair bisa menyerap 50 persen dari jumlah peserta yang mendaftar," harapnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa sebenarnya perusahaan yang ingin mengikuti job market fair lebih dari 100 perusahaan, tetapi kapasitas gedung tidak mencukupi. Job market fair juga dirangkai dengan diskusi publik, untuk memberikan motivasi kepada peserta. (humas)