Pemkot Sambut Rencana Penyelanggaraan Festival Literasi Digital di Balikpapan

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menerima audiensi Tim Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di VIP Room Balaikota Balikpapan, Selasa (16/7/2024). Rombongan disambut Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Setdakot Balikpapan, Muhammad Andi Yusri Ramli.

Tim Literasi Digital menyampaikan maksud kedatangan mereka, yakni memohon dukungan dari Pemerintah Kota Balikpapan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Kalimantan Timur guna pemahaman literasi digital.

"Kami berencana melaksanakan kegiatan bekerja sama dengan seluruh stakeholder ada di Kota Balikpapan. Menyelenggarakan Seminar Literasi Digital dalam konsep festival," ungkap Penanggungjawab Tim Literasi Digital Kalimantan, Doni.

Kegiatan ini, menurutnya dilaksanakan secara masif di Indonesia. Untuk di Kalimantan, Kota Balikpapan dipilih sebagai destinasi penyelenggaraan festiva literasi digital kali ini. "Karena Kota Balikpapan ini adalah representasi seluruh Kalimantan," sebutnya.

Menurutnya masyarakat di kota Balikpapan berpotensi menjadi sasaran penyelenggaraan kegiatan ini. Pasalnya Kementerian Kominfo juga telah mengukur indeks literasi digital masyarakat Indonesia. Balikpapan dianggap paling pas untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan bertaraf nasional hingga internasional.

"Kegiatan ini kami laksanakan sejak tahun 2021. Targetnya ada 50 juta masyarakat Indonesia terliterasi. Kami berharap wilayah Kalimantan bisa berkontribusi sekitar 180 ribu orang yang menjadi bibit literasi digital," tuturnya.

Kegiatan ini rencananya dilaksanakan pada tanggal 26 Juli mendatang di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome. Akan menghadirkan enam narasumber dan membahas empat pilar utama literasi digital. Yaitu digital safety, digital ethics, digital culture dan digital skill. "Kami akan fokus dan membagikan informasi positif untuk masyarakat yang hadir di lokasi," ungkapnya.

"Harapannya masyarakat ikut dan hadir. Karena ini dapat memberikan gambaran bagaimana dunia digital kita di msa sekarang dan depan. Apalagi kegiatan ini gratis tanpa dipungut biaya," ungkapnya.

Kepala Bidang E-Government Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Balikpapan, Raihanah Rahmah menambahkan, kegiatan literasi digital ini rencananya akan didukung oleh pemerintah Kota Balikpapan. Kendati sponsorship secara penuh berada di bawah Kementerian Kominfo.

"Jadi kami bertugas memfasilitasi tempat di Kota Balikpapan. Segala biaya dari Kementerian termasuk dengan talent dan lainnya. Rencana yang akan ada 4 narasumber literasi digital, yang diantaranya nanti akan ada Dr. Lintang dan Wali Kota Rahmad Mas'ud apabila dapat hadir. Kemudian juga akan menghadirkan Ustaz dan Das'ad Latief," sebutnya.

Rencana juga akan ada musisi Opick. Dan masih ada beberapa bintang tamu lagi yang masih dibicarakan. Kegiatan ini, lanjutnya, pertama kalinya dilaksanakan di Kalimantan Timur maupun Kalimantan. Ini adalah upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

"Sehingga tentunya kami mendukung penuh. Literasi digital semacam ini sangat penting untuk dipahami masyarakat. Misalnya terkait dengan memberikan komentar di media sosial, pencegahan bullying di media sosial, juga memanfaatkan gawai baik ponsel maupun laptop dan sebagainya secara aman," terangnya.

Dengan begitu, Raihanah menambahkan, masyarakat bisa melaksanakan kegiatan digital maupun transaksi dengan mahir. Literasi digital ini berkaitan dengan hal-hal di dalam teknologi informasi dan komunikasi. (diskominfo/cha/mgm)