Motivator Keluarga Aisyah Dahlan Isi Seminar Dharma Wanita Persatuan Kota Balikpapan

BALIKPAPAN - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Balikpapan kembali menghadirkan dokter sekaligus motivator rumah tangga, dr. Aisyah Dahlan, Rabu (24/7/2024) di Aula Balaikota Balikpapan.

Para ibu DWP bersama pasangan masing-masing yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Balikpapan mengikuti Seminar Keluarga bertajuk "Menciptakan Harmonisasi Pasangan Suami Istri".

Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin. Pada kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Setdakot Balikpapan, Andi Sri Juliarti bertugas sebagai moderator.

Pada sambutannya, Muhaimin mengungkapkan, wawasan terkait seminar keluarga ini sangat penting karena berpengaruh pada peran serta tugas DWP baik di masyarakat maupun sebagai ibu rumah tangga.

"Tema ini merupakan tema sederhana yang menjadi topik sehari-hari, bahwa setiap pasangan suami istri mendambakan keluarga yang harmonis, karena suami istri yang hidup rukun bukan hanya memberikan kebahagiaan anggota keluarganya, tapi juga berdampak bagi individu, masyarakat dan bangsa. Apalagi ASN," ungkapnya.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tinggal dengan keluarga yang harmonis memiliki kesehatan mental dan fisik lebih baik. Mereka lebih bahagia, terhindar dari stres, dan memiliki ketahanan terhadap penyakit.

"Anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga harmonis cenderung memiliki rasa percaya diri dan harga diri yang lebih tinggi. Karena merasa dicintai, dihargai, dan didukung," tuturnya.

Karena anak-anak ini didukung dalam melakukan hal-hal positif tentang diri mereka, yang juga tak kalah penting adalah pasangan harmonis mampu Membangun hubungan lebih baik dengan orang lain. Keterampilan komunikasi yang dipelajari dapat membantu individu membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain di luar rumahnya.

"Seperti teman, rekan kerja, maupun lingkungan sekitar. Dalam skala lebih besar keluarga harmonis mampu membangun bangsa yang lebih kuat dan tangguh. Anggota keluarga harmonis akan saling dukung membantu satu sama lain," katanya.

Dengan begitu mereka akan bekerja sama membangun masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara. Sekretaris Daerah menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh anggota DWP Kota Balikpapan atas kontribusi yang telah diberikan. "Ini akan menjadi inspirasi bagi generasi di masa mendatang," katanya.

Sementara, Ketua DWP Kota Balikpapan, Inneke Muhaimin menyampaikan, seminar bagi anggota DWP beserta suami ini pada tahun sebelumnya juga pernah dilaksanakan. "Tujuannya agar memiliki persepsi yang sama bagaimana menciptakan harmonisasi pasangan suami istri yang dilandasi saling pengertian dan memahami satu sama lain," harapnya.

Ia pun berharap dengan mengikuti seminar ini, peserta mendapatkan informasi dan wawasan dari narasumber. "Terlebih narasumber merupakan sosok yang telah banyak mengisi rubrik serupa di media elektronik, media massa dan media sosial," ungkapnya. (diskominfo/cha/arh/mgm)