HKG PKK ke-52, Wali Kota Apresiasi Kader dan Pengurus Dukung Program Pemerintah


BALIKPAPAN - Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga(TP PKK) Kota Balikpapan digelar Kamis (25/7/2024) di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan. Kegiatan dibuka Wali Kota Rahmad Mas'ud dan Ketua TP PKK Nurlena Rahmad Mas'ud.

Dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengungkapkan, penting untuk menyampaikan program-program Pemerintah Kota Balikpapan. Diantaranya seperti penanganan stunting.

"Karena stunting kita dari 19% kini sudah 21%. Tapi dengan upaya dan kolaborasi kita juga dengan keberadaan ibu PKK bersama camat dan lurah juga. berperan aktif dalam program-program PKK," tuturnya.

Ia mengapresiasi keberadaan PKK. Apapun kegiatan yang dilakukan oleh PKK langsung mengena pada masyarakat. Karena sosialisasi berbagai program PKK harus disampaikan dengan benar pada masyarakat.

"Maka saya bersama Ketua TP PKK berusaha disini. Memberikan sesuatu pada masyarakat. Terimakasih pada semua kader," katanya.

Sementara Ketua TP PKK Nurlena Rahmad Mas'ud mengatakan, dengan tema HKG PKK tahun ini, "Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju". Maka dengan ini PKK Bergerak bersama dengan pemangku kepentingan mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia.

"Sebagai visi TP PKK, terwujudnya keluarga beriman, bertakwa pada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, berbudi luhur, sejahtera, lahir dan batin. Saya berharap kita dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing," ungkapnya.

Melalui 10 program Tim Penggerak PKK jadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi. Serta sinergitas bersama para stakeholder. Baik dengan pemerintah daerah maupun instansi lainnya sesuai perundang-undangan.

"Maka untuk memperkuat hal itu ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian kita semua. Yakni memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Kedua memaksimalkan potensi masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah. Ketiga pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk Gerakan PKK tahun 2021-2024," sebutnya.

Yang menegaskan bahwa keluarga merupakan unit terkecil di masyarakat. Yang mempunyai peran besar dalam proses pembangunan keluarga. Juga dapat dijadikan tolok ukur kesejahteraan. Pemberdayaan keluarga merupakan langkah strategis yang ditempuh kadar PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh.

"Yaitu meningkatkan harkat dan martabat keluarga. Terutama keluarga tidak mampu atau keluarga yang tidak dapat mencapai tujuan berkeluarga," katanya. (diskominfo/cha/arh/mgm)