Masuk Lomba PHBS dan LBS, Tim Verifikasi Lapangan Kaltim Tinjau RT 45 Kecamatan Balikpapan Utara

BALIKPAPAN – Kelurahan Graha Indah di Balikpapan Utara menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh Tim Verifikasi Lapangan dari Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka penilaian Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seta Lingkungan Bersih Sehat (LBS) pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Kunjungan ini dihadiri oleh anggota Pokja IV TP-PKK Provinsi Kaltim yang diwakili oleh Nurul Wahdah, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Irvan Maulana dan Hartoyo.

Kedatangan tim verifikasi disambut oleh Ketua TP PKK Kota Balikpapan, Nurlena Rahmad Mas’ud, Camat Balikpapan Utara, Muhammad Fadli Pathurrahman, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, DP3AKB, dan kader PKK setempat.

Sebelum meninjau lokasi utama di Klaussereppe RT 45, tim terlebih dahulu melakukan verifikasi berkas di aula kecamatan dan mendengarkan presentasi yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kelurahan Graha Indah, Nurul Hasanah Arif.

Dalam sambutannya, Nurlena Rahmad Mas’ud menegaskan komitmen TP PKK Balikpapan untuk terus memperkuat penerapan PHBS di seluruh lapisan masyarakat.

“Balikpapan sudah tersemat menjadi kota terbersih. Sosialisasi dan edukasi secara berjenjang akan terus para kader lakukan tentang bagaimana menciptakan lingkungan hidup sehat,” ungkap Nurlena.

Ia juga berharap bahwa melalui lomba ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat semakin meningkat, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi keluarga-keluarga di Kota Balikpapan.

Nurul Wahdah dari Pokja IV TP-PKK Provinsi Kaltim menambahkan bahwa PHBS dalam tatanan rumah tangga merupakan upaya strategis untuk menggerakkan dan memberdayakan anggota keluarga agar hidup bersih dan sehat.

“Melalui program ini, setiap rumah tinggal kita berdayakan agar tahu, mau, dan mampu menjadikan kehidupan keluarga kita semakin lebih baik dan harmonis dalam lingkup kesehatan dengan mengupayakan hidup sehatnya,” jelasnya.

Selama kunjungan di Klaussereppe RT 45, tim penilai berkesempatan menyaksikan langsung bagaimana warga setempat menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari.

Selain memeriksa kebersihan rumah, tim juga menyaksikan berbagai kegiatan positif yang dilakukan warga, seperti panen selada hidroponik, panen lele, dan pisang. Mereka juga meninjau rumah pembibitan, taman toga, serta penggunaan QR Code database warga, yang kemudian diakhiri dengan kunjungan ke Posyandu Anggrek 45. (humas)