Peringatan Hari Pramuka ke-63, Kwarcab Balikpapan Laksanakan Gelar Senja

BALIKPAPAN - Pada peringatan Hari Pramuka, Gelar Senja kembali dilaksanakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Balikpapan yang dirangkai dengan pelantikan anggota Pramuka Garuda, Rabu (14/8/2024) di halaman Balaikota Balikpapan.

Merayakan Hari Pramuka yang ke-63,
Gelar Senja menjadi momentum penting untuk merefleksikan kembali nilai-nilai kepramukaan. Ketua Kwarcab Balikpapan, Muhaimin mengungkapkan, kegiatan Pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter bagi generasi muda yang sangat penting.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pentas seni, baris-berbaris dan hiburan-hiburan yang ditampilkan oleh para pelajar yang merupakan anggota dari gugus depan di Kota Balikpapan.

"Pendidikan bagi karakter anak tak perlu jauh-jauh, karena ada kegiatan Pramuka. Dengan aktif di kegiatan ini anak akan dapat mampu menahan diri di era globalisasi," ungkap Muhaimin.

Menurutnya kemerosotan moral yang dialami bangsa ini diharapkan bisa dicegah. Melalui kegiatan pramuka, etika anak bangsa bisa lebih dijaga.

Berbagai kemampuan dipelajari, seperti baris-berbaris yang membangkitkan semangat nasionalisme, juga beragam lomba ketangkasan untuk mengasah keterampilan.

"Pramuka bahkan mengajarkan anak-anak untuk berbaur ke masyarakat. Saat ini kegiatan pramuka memang tidak wajib di sekolah, tapi semua siswa adalah anggota pramuka. Mulai dari tingkatan penggalang hingga penegak," tuturnya.

Ia menambahkan, dengan semangat yang terus membara, Pramuka Balikpapan diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam pembentukan karakter generasi muda yang tangguh dan berintegritas.

Pada peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun ini, Kwarcab Pramuka Balikpapan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan yang dilakukan pada 14 Agustus 2024. Sebelumnya juga telah dilaksanakan Upacara Hari Pramuka dengan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud sebagai pembina upacara.

Usai kegiatan tersebut, seluruh peserta upacara bersama wali kota membagikan bendera merah putih di depan Balaikota Balikpapan. Bendera diberikan pada pengendara yang melintas.

Setelah Gelar Senja, Kwarcab Pramuka Balikpapan melaksanakan Ulang Janji Pramuka di Aula Balaikota Balikpapan. Yang kembali dipimpin Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin sebagai pembina upacara. (diskominfo/cha/arh/mgm)