BALIKPAPAN - Mahligai Nusantara, event tahunan yang digagas Bank Indonesia kembali berlangsung 25-28 September 2024 di Auditor Pentacity Mall Balikpapan Super Block. Dengan didukung Pemerintah Kota Balikpapan, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung program gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata Indonesia.
Ini jadi upaya agar UMKM naik kelas, karena peranannya yang penting sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Produk lokal juga harus kompetitif den bisa memenuhi kebutuhan pasar. Mengangkat tema "Mahakarya Inovasi Wastra Manuntung, Untuk Pertumbuhan Ekonomi Nusantara Yang Berkelanjutan".
Sebelumnya UMKM yang terlibat telah mengikuti pra-event, antara lain pelatihan Metafora (UMKM Nusantara Fesyen dan Kriya Export Camp) selama tiga bulan bersama desainer profesional.
"Kaitannya dengan pemilihan warna, pewarnaan alam, modifikasi dan penataan motif serta pengetahuan tentang trend mode terkini. Mereka di sini re-branding produk agar lebih menarik perdana ditampilkan pada Mahligai Nusantara," urai Kepala KPw BI Balikpapan, Robi Ariadi Rabu (25/9/2024).
Ada 30 UMKM binaan Bank Indonesia menyajikan produk yang beragam. Ada makanan ringan hingga aksesoris. Pada Mahligai Nusantara 2024 ditampilkan Mahakarya Inovasi Wastra Nusantara, yaknu produk-produk unggulan berbasis kain tradisional khas Nusantara.
Produk-produk tersebut tidak hanya dipamerkan, tetapi juga bisa dilihat dalam peragaan busana alias Fashion Show ang melibatkan pelaku UMKM kreatif lokal.
Pada kesempatan ini hadir mewakili Pemerintah Kota Balikpapan, Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Abdul Majid. Ia membacakan sambutan Pjs Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir.
"Ini adalah upaya memperkenalkan produk tradisional dan lokal ke pasar nasional hongga internasional. UMKM dapat mengembangkan potensi secara maksimal, dan showcase UMKM akan mampu memperluas jaringan dan meningkatkan ekonomi produk," tutur Majid mewakili Pemerintah Kota Balikpapan. (diskominfo/cha)