Konsulat Jenderal India Tawarkan Kerjasama Pemkot Balikpapan di Sejumlah Bidang

BALIKPAPAN - Konsulat Jenderal India Tawarkan Kerjasama pada Pemkot Balikpapan, Kamis (3/10/2024). Ini disampaikan saat Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir menerima kunjungan Konsulat Jendral India, Shashank Vikram di VIP Room Balaikota Balikpapan.

Tawaran kerjasama ini meliputi bidang pendidikan, budaya dan kesehatan. "Mereka telah memberikan data-data kepada kami. Berupa timeline berbagai kegiatan di 2024-2025," beber Ahmad Muzakkir.

Pjs wali kota sudah meminta kepada Sekda Kota Balikpapan dan Kepala Bappeda Litbang untuk melakukan justifikasi. Yakni kerjasama jangka pendek yang bisa dimanfaatkan, terutama berkaitan dengan pendidikan.

Akan dilihat kembali, apa yang dimiliki India dan belum ada di Kota Balikpapan. Terutama dalam bidang-bidang dimana India memiliki spesialisasi. Misalnya beberapa kursus singkat atau menghadirkan mereka sebagai narasumber.

"Tapi memang kerjasama ini belum bisa dipastikan dalam waktu dekat. Yang jelas kami ingin pada tahap pertama melakukan identifikasi dahulu dari apa yang ditawarkan, kita sesuaikan dengan kebutuhan," jelasnya.

Identifikasi ini dilakukan dengan melihat usia pendidikan tamatan SMA di Balikpapan yang ingin melanjutkan pendidikan ke S1. "Nanti kami rekomendasikan ke provinsi, lalu dikirim ke konsulat jenderal. Mereka akan menilai apakah ini layak. Karena ada beberapa syarat berupa dokumen misalnya," jelas Ahmad.

Sementara, Kepala Bappeda Litbang, Murni menambahkan, tawaran-tawaran kerjasama lainnya diantaranya penyelenggaraan pekan budaya yang menghadirkan tarian India. Konsulat jenderal memberi tawaran untuk mendatangkan penari asli India.

"Ini juga mereka yang menyiapkan transportasi dari sana, dan kita hanya menyediakan akomodasi dan transportasi di sini. Tiket dan honor mereka yang sediakan," beber Murni.

Di bidang pendidikan dan kesehatan, jika Balikpapan mau bekerja sama, mereka akan mendatangkan dan menggaji dokter untuk bertugas di Balikpapan. Dokter tersebut akan memberikan pelatihan. "Dengan datangnya mereka ke sini, siapa tahu bisa memperbaiki manajemen juga," tutur Murni.

Bidang kesehatan dan pendidikan ini dianggap cukup menarik dan pihak konsulat jenderal berkenan untuk menindaklanjuti. "Kalau kami melihat, kerjasama ini perlu ditindaklanjuti. Apalagi tawaran mereka mau mengirimkan dokter ke Balikpapan," tutupnya. (diskominfo/cha)