Pemkot Balikpapan Raih Penghargaan Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik 2024

JAKARTA - Pemkot Balikpapan meraih penghargaan kategori Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dalam acara Gebyar Pelayanan Prima 2024 di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Diberikan oleh Menteri PANRB Azwar Anas, penghargaan diterima langsung oleh Pjs Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzzakir, didampingi Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin, Kepala Bappeda-Litbang, Murni dan Kepala DPMPTSP, Hasbullah Helmi.

Ahmad Muzzakir mengatakan, pelayanan publik di Balikpapan siap dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seperti pada saat dirinya meninjau ke Mal Pelayanan Publik (MPP) di DPMPTSP Balikpapan, dengan kantor pelayanan yang memadai dan staf yang melakukan tugasnya sesuai dengan standar operasional layanan.

“Dengan adanya pemberian penghargaan ini, maka kedepan pelayanan mesti ditingkatkan. Jangan sampai terlambat jika bisa cepat,” ujar Ahmad usai acara.

Dijelaskan lebih lanjut, dengan penghargaan ini, akselerasi pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan, mengingat kota Balikpapan sebagai pintu masuk investasi di Kaltim.

"Wajib memberikan kemudahan perizinan, salah satunya melalui pelayanan publik,” tegasnya.

Dengan jumlah penduduk Kota Balikpapan yang akan terus meningkat sebagai kota penyangga IKN, bukan hanya pegawai negeri dari Jakarta saja, namun juga para pelaku usaha yang akan berinvestasi di kota Balikpapan, Ahmad mengatakan sudah semestinya pemerintah kota dapat menyediakan pelayanan yang terbaik bagi warganya.

“Tentu pelaku usaha ini memerlukan pelayanan prima dan terpadu. Sehingga ini bisa jadi semangat utama bagi kita, terutama di sisi pemerintah bagaimana meningkatkan pelayanan publik dengan baik dari segi tata waktu, pelayanan dan kecepatannya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan, saat ini pelayanan publik digital di Balikpapan sudah berjalan dengan baik sebagai bentuk komitmen pemerintah kota dalam menyediakan pelayanan yang prima.

“Dengan adanya penghargaan hari ini, semakin meningkatkan komitmen pemerintah kota dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Balikpapan,” katanya.

Dengan implementasi Mal Pelayanan Publik Digital di Balikpapan, Muhaimin mengatakan hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menindaklanjuti dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Kalau semua pelayanan digital sudah jadi satu di Mal Pelayanan Publik, yang mana semua pelayanan menjadi satu, respon pelayanan juga sudah sangat bagus,” jelasnya. (diskominfo/arh)