Pemkot Balikpapan Bagikan Cadangan Pangan Kepada 4 Ribu KK

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menyalurkan 40 ton Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) kepada 4 ribu warga penerima manfaat. Ada dua kategori penerima, pertama berdasarkan peta ketahanan dan kerentanan pangan Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, kedua berdasarkan kepala keluarga yang terpapar bencana 9 Agustus 2024 lalu.

Penerima kategori pertama tersebar di 11 kelurahan, dengan jumlah 1.483 KK. Merupakan masyarakat miskin dan berada di wilayah kelurahan yang terdata sebagai kelurahan rentan pangan. Sedangkan kategori kepala keluarga yang terpapar bencana ada 2.517 KK yang merupakan korban bencana banjir. Maka secara akumulatif ada 28 Kelurahan.

Penyerahan bantuan ini perdana dilakukan menyusul dikeluarkannya regulasi oleh Pemerintah Kota Balikpapan berupa Peraturan Daerah (Perda) Kota Balikpapan tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah adalah Perda Kota Balikpapan Nomor 3 Tahun 2023.

"Penyaluran hari ini diberikan untuk 4 ribu penerima yang masih konsen akan mendapatkan 10 kilogram. Total ada 28 Kelurahan yang terdiri dari dua kategori. Teknis pelaksanaannya bertahap setelah melakukan verifikasi," ungkap Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir pada seremonial penyaluran CPPD Senin (14/10/2024) di Aula Kecamatan Balikpapan Timur.

Pjs wali kota mengatakan, pihaknya ingin benar-benar memastikan beras yang disalurkan berkualitas. Ini adalah upaya pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan terutama bagi masyarakat rentan.

Apalagi kondisi kota Balikpapan sebagai kota industri dan jasa. Sehingga Balikpapan lebih banyak menerima suplai pangan dari luar daerah dan tidak memproduksi atau menghasilkan bahan pangannya sendiri.

"Penyaluran cadangan pangan ini memperkuat ketahanan pangan kita. Ini juga dalam rangka meminimalisir dampak kerawanan yang ditimbulkan bencana yang ada di kota balikpapan," ungkap Ahmad Muzakkir.

Kepala DP3 Kota Balikpapan, Sri Wahjuningsih mengatakan, penyaluran simbolis pada 25 KK di Kecamatan Balikpapan Timur ini sebagai tanda dimulainya penyaluran CPPD kepada 4 ribu orang. Sementara sisanya akan berlangsung 4-6 November.

Untuk diketahui, penerima di kategori korban bencana diusulkan oleh camat. Sementara, untuk peta ketahanan pangan berdasarkan pada data DP3, nama-namanya didapatkan dari data kekemiskinan yang telah mendapat SK dari wali kota dan fokus pada 11 kelurahan.

Untuk diketahui, cadangan beras DP3 Kota Balikpapan saat ini mencapai 68,3 ton dan dikeluarkan 40 ton pada tahun ini. Maka masih ada sekira 28,3 ton cadangan. (diskominfo/cha)