Sosialisasi Pilkada, Ketua RT Diharapkan Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

BALIKPAPAN - Perwakilan RT se-Kota Balikpapan mengikuti sosialisasi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 Kota Balikpapan, Rabu (23/10/2024) di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman masyarakat melalui ketua RT untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya pada kontestasi politik yang akan berlangsung November nanti.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir berharap setelah ini perwakilan RT memahami apa-apa saja rambu yang pada rangkaian pelaksanaan pesta demokrasi. RT juga mesti melakukan tugas di lapangan dengan mengayomi masyarakat untuk menggunakan hak suara dengan baik.

"Dengan begitu maka ada peningkatan partisipasi pemilih di tingkat RT sampai Kelurahan hingga tingkat kecamatan," tutur Pjs wali kota.

Ahmad Muzakkir mengatakan, negara sudah memfasilitasi melalui alokasi anggaran untuk pelaksanaan Pilkada. Lokasi yang besar ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh rakyat dengan cara menggunakan hak pilihnya.

"Karena suara mereka menentukan masa depan Kota Balikpapan," ucap Ahmad.

Ia juga menyampaikan atensinya, bahwa para perwakilan dari RT perlu menyampaikan, sebagai bagian dari masyarakat. Terkait temuan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma, maka harus dilaporkan kepada badan pengawas pemilu (bawaslu).

Pjs wali kota juga meminta kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan, camat, lurah hingga RT untuk terus menghimbau agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar.

Lebih lanjut Pjs Wali Kota Balikpapan juga menekankan agar tidak ada kampanye hitam atau black campign yang bisa berujung perpecahan. "Jangan sampai usai Pilkada bertetangga malah tidak saling tegur. Karena itu perbedaan sikapi dengan baik. Jaga habluminannas," imbaunya. (diskominfo/cha)